Senin, 10 Oktober 2016

PTS SMP Labschool Jakarta

Penilaian Tengah Semester

Tanggal 3-7 Oktober siswa SMP Labschool Jakarta Mengadakan PTS atau singkatan dari Penilaian Tengah Semester. Pada PTS ini SMP labschool sudah mempunyai budaya yaitu, pada setiap kali PTS  selalu tempat duduk yang diatur selalu berbeda. Memang agak aneh kalau tempat duduk kelas 7 8 digabung atau kelas 7 9 digabung tempat duduknya. Hal ini jarang  di perlakukan kepada sekolah lain karna menurutnya aneh. Tapi SMP Labschool Jakarta melakukan hal itu karena ingin menghindari hal-hal kecurangan yang tidak di inginkan.
Pada hari senin 3 Oktober SMP Labschool memulai PTS nya dengan pelajaran pertama, yaitu: Bahasa Indonesia dan Pendidikan Agama Islam. Kami diberi waktu 120 menit untuk mengerjakan tes soal Bahasa Indonesia. Setelah itu kami diberi istirahat dan kembali lagi ke kelas PTS untuk melaksanakan PTS Agama Islam. Kami diberi waktu melaksanakan soal PTS Pendidikan Agama islam yaitu 90 menit. Setelah selesai itu semua kami di pulang kan untuk beristirahat melaksanakan ke esokannya
Pada hari ke 2. Tanggal 4 Oktober kami memulai lagi hari kedua dengan pelajaran Matematika dan Prakarya. Sama seperti hari pertama kami diberi waktu nuntuk mengerjakan soal Matematik yaitu 120 menit. Dan kami diistirahatkan setelah itu kami masuk kelas kembali ke kelas untuk melaksanakan PTS Prakarya yang diberi waktu 90 Menit untuk dikerjakan. Setelah itu kami dipulangkan kerumah untuk beristirahat kembali.
Pada hari ke 3. Mata pelajaran yang di ujikan adalah Bahasa Inggris dan PPkn sama waktunya dengan hari pertama dan hari keduayaitu, Bahasa Inggris 120 menit dan PPkn 90 menit. Dan pada hari ke 4. Mata pelajaran yang di ujikan adalah IPA dan Seni Budaya. Sama halnya dengan hari pertama, kedua, dan ketiga kami diberi waktu yang sama yaitu, IPA 120 menit dan Seni Budaya 90 menit.
Pada hari ke 5. Berbeda dengan hari pertama, kedua, ketiga, dan keempat. Di hari kelima dengan mata pelajaran IPS dan Penjasorkes. Kami diberi waktu mengerjakan soal IPS yaitu 90 menit. Dan mengerjakan soal Penjasorkes yaitu 90 menit. Dan setelah itu semua selesai kami laksanakan. Kami pun berbahagia karena PTS yang dilaksanakan pada tanggal 3-7 Oktober sudah selesai. Kami sangat senang. Dan setelah selesai kami dipersilakan untuk memasuki masjid dan melaksanakan sholat jumat. Ada juga beberapa anak yang melaksanakan sholat jumat nya dirumah.

Kami dirumah istirahat selama 2 hari. Dan hari senin nya kami sudah melaksanakan masuk sekolah kembali seperti kemarin. Kami disekolah diberitahukan bahwa nilai PTS boleh diberitahukan kepada anak yang melaksanakan PTS. Dan kami sangat senang karena boleh diberitahukan nilainya. Mengapa senang? Karena tahun tahun lalu kami tidak diberitahukan nilai PTS kami. Kami diberitahukan saat pembagian rapot bayangan. Tidak saat setelah PTS. Dan juga kalau dulu nama PTS adalah UTS yang singkatan dari Ujian Tengah Semester. 

2 komentar: